Diet Keto dan Ketofastosis 

Semenjak awal tahun 2017 banyak sekali yang bertanya pada saya melalui akun instagram saya mengenai diet keto. Dan ternyata banyak yang keliru mengenai diet keto itu bahwa harus puasa dan melalui fase dan minum vco dan lain – lainnya, yang adalah jenis diet ketofastosis, padahal diet keto tidak harus selalu seperti itu. Sebenarnya diet keto sendiri ada beberapa macam, nah disini saya mau menjelaskan tentang apa itu diet keto dan jenis – jenisnya.

Secara garis besar diet keto adalah diet rendah karbohidrat dan tinggi lemak yang berguna untuk membuat metabolisme kita berada dalam tahap ketosis, yaitu menjadikan pembakar lemak, bukan lagi pembakar karbohidrat/insulin. Bagaimana caranya membuat tubuh kita jadi pembakar lemak? Tentunya dengan menekan asupan karbohidrat menjadi rendah, di bawah 50gram sehari – harinya.

Nah saya sendiri dari tahun 2015 belajar tentang diet keto ini melalui website ruledme dan ketodietapp. Disana dijelaskan bahwa diet keto ada 3 macam:
– Pertama adalah diet keto standar (SKD) . Diet keto standar ini adalah diet keto yang pada umumnya bisa dilakukan semua orang, yaitu dengan menekan asupan karbohidrat serendah – rendahnya sampai 50gram ke bawah setiap harinya , dan menaikkan asupan lemak dan protein dalam porsi sedang, rumusnya kira – kira seperti ini : lemak 70% , protein 20% dan karbohidrat 5-10%  (silahkan baca cara memulai diet keto standar ini di postingan saya yang berikut ini diet keto diet rendah karbohidrat ). 


– yang kedua adalah (TKD) diet keto yang tertarget , jadi karbohidrat di konsumsi ketika  mau berolahraga atau workout untuk membentuk tubuh.

– yang ketiga adalah (CKD) , diet keto yang memiliki siklus tertentu, diet keto jenis ini terutama untuk atlit dan bodybuilder, dalam artian bisa makan banyak karbohidrat di hari – hari tertentu dan di hari berikutnya diet keto lagi dan seterusnya.

Dan yang satu lagi yang sedang marak adalah diet ketofastosis, yang dipelopori oleh Agus Nur Prasetyo, yang marak di Facebook group, diet keto fastosis adalah menggabungkan diet keto dan fasting (puasa), dan juga ada fase / tahapan dalam diet ketofastosis ini, tujuannya lebih untuk  detoks tubuh dan penyembuhan penyakit berat dan dijadikan gaya hidup (silahkan search di facebook group untuk info lebih lanjut).

Saya sendiri dari tahun 2015 sudah menjalani diet keto standar, dan tidak ada masalah berarti, saya sendiri tidak punya penyakit berat , jadi memang untuk mengubah pola makan saja supaya lebih sehat dan menurunkan kelebihan berat badan. Jika ditanya diet mana yang lebih efektif? Diet keto standar atau ketofastois? Saya sarankan untuk mencoba sendiri saja, apalagi jika memiliki penyakit berat yang ingin sembuh silahkan mencoba diet ketofastosis, namun jika hanya ingin mengurangi kelebihan berat badan bisa coba diet keto standar. Karena pada intinya sebenarnya kita sendiri yang akan tahu tubuh kita lebih cocok yang mana, saya sendiri juga sudah coba diet ketofastosis dan ada beberapa hal yang di badan saya tidak cocok dengan protokolnya, mengenai turun berat badan sih sama saja , dua – duanya bisa menurunkan berat badan kita. Jadi sekarang saya balik lagi menjalani diet keto standar demi mencapai tujuan berat badan yang diinginkan. Demikian penjelasan saya mengenai diet keto, silahkan follow instagram saya ( @ketokitchen_bandung ) untuk tahu lebih jelas mengenai perjalanan diet keto saya dan juga ada berbagai macam tips dan menu diet keto disana.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s