Tips Memulai Diet Keto 

Tips ini merupakan lanjutan dari perjalanan saya menjalani diet keto yang bisa dibaca di link berikut ini .  Secara singkat , diet keto adalah diet rendah karbohidrat dan tinggi lemak yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari – hari , terutama bagi penderita diabetes ( gula darah tinggi ). Banyak pertanyaan yang saya terima di instagram tentang bagaimana memulai diet keto. Jawabannya sederhana saja, mulailah dari mengadaptasi apa yang kita makan ke dalam menu diet keto, yaitu rendah karbohidrat dan tinggi lemak. Buang konsep yang mengatakan bahwa lemak itu jahat, karena pada kenyataannya, yang jahat adalah gula ( penyebab banyak penyakit, kanker, diabetes, dll ) yang ada dalam makanan yang setiap hari kita konsumsi, seperti nasi, roti, mie , kue- kue, dll. 


Berikut ini ada 3 point penting yang bisa kita perhatikan untuk memulai diet keto

1. setelah mengetahui inti dari diet keto, yaitu perbandingan makanan yang kita konsumsi dalam diet keto : lemak 70%, protein 20% dan karbo 10% , mulailah menghitung kalori dan nutrisi dari setiap makanan yg kita makan ( bisa menggunakan aplikasi myfitnespal, bisa diunduh di ios atau android ) , dan menghindari makanan yang tidak kita ketahui jelas nutrisinya, contoh misal makan pecel ayam, kita kan nggak tahu pasti apa bumbu pecel itu pakai gula atau kecap maniskah, nah mending dihindari saja dan pilih ayam goreng biasa kalau makan di luar. Selalu liat nutrisi pada label makanan yang kita makan, jangan takut duluan sama lemak, seperti olive oil, telur, daging , butter , itu adalah lemak baik. 

2. Karena di awal adalah penyesuaian pada tubuh kita, dan kadang ada keto flu yang bisa menyerang tubuh kita , seperti gejala flu biasa tapi badan lebih ngga enak dan kerasa remuk pegal2 , coba konsumsi magnesium dan makan garam serta kaldu ayam untuk menghindarinya. 
3. Jangan pikir cheating dulu, coba telaten menjalani diet keto ini selama 30-60 hari dulu supaya membiasakan pola hidup kita juga dan mencapai hasil yang maksimal. 

Contoh menu diet keto : 

omelet telur keju & tumis jamur

tumisayam tomat pedas & salad telur

ikan kembung goreng & tumis brokoli

kopi dengan creamer, tanpa gula ( atau bisa dengan sweetener )

 
Sebenarnya menjalani diet keto ini tidaklah susah , dan kita masih bisa menikmati makanan yang enak tanpa mengurangi rasa lapar. Inti penting yang bisa kita pegang adalah makan makanan yang rendah karbohidrat / gula dan memperbanyak konsumsi makanan tinggi lemak. Salam keto ! 

before & after diet keto

Ikuti update perjalanan diet keto saya di instagram @lowcarb_maya 

13 respons untuk ‘Tips Memulai Diet Keto 

    • Maya Melivyanti berkata:

      itu biasa sih sis.. bisa minum kopi/teh pakai sweetener aja jgn bnyk2 tpi.. nanti semingguan jadi sudah terbiasa harusnya, karena ciri2 kalau kita sudah ada di tahap ketosis kita akan berkurang rasa ingin manisnya

      • olivialindawati berkata:

        Untuk memenuhi kebutuhan vit c yang ada di buah2an gmn ya mbak? Aku awalnya takut ga bisa lancar ke belakang, tapi ajaibnya lancar cuma ga sebanyak aku konsumsi gluten. Apakah stevia aman untuk di konsumsi? Krn saya memulai puasa jam 20.00 sampa jam 12 siang, di waktu puasa itu jika saya lapar apakah boleh mengkonsumi kopi/teh dengan stevia? Dan bolehkah mengkonsumi green coffee? Makasih banyak ya mbak

      • Maya Melivyanti berkata:

        bisa pakai suplemen aja kalau mau tambahan, tapi makan sayur juga ada vit c , contohnya seperti kembang kol itu kaya vitc mba.. stevia aman.. jadi kalau pas intermittent fasting sebaiknya ga minum yg manis mba.. kopi apa aja boleh dan teh

      • olivialindawati berkata:

        Hari ini aku keliyengan parah, mual, dan mau pingsan rasanya. Dan hr ini aku bandel mbak ceritanya makan ikan di rm manado, di mana aku ga tau bahannya apa aja. Ya ampun baunya smpe skrg and after taste di mulut worse bgt. Mual sm pusingnya sudah dari pagi. Tp abis makan di sana, tmbah keliyengan dan limbung. Ada saran kaldu apa yg bisa di beli ya?

      • olivialindawati berkata:

        Mbak Maya mau bertanya. Aku kan start 27 januari berat 87, kemarin tanggal 9 maret aku timbang 84. Tapi tadi cek gula darah malah 93. Kenapa ya ga bisa 80. Aku jd bingung, apa krn aku konsumsi bayam dan raspberries ya? Makasih sblmnya mbak

      • olivialindawati berkata:

        Ini aku minum alpokat pake stevia. Takut limbung mbak, soalnya aku wedding organizer kan. Tp aku ttp mau jalananin puasa dll. Btw aku kan susah nelen daging merah kaya sapi. Babi sih aku blm coba kaya siobak, dirimu gmn atasinnya?
        Btw makasih bgt ya respon jawabannya bantu banget mbak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s