Review Cetaphil : Solusi Kulit Kering Dan Sensitif 

Sebenarnya kulit wajah saya dulunya sangat berminyak dan berjerawat. Semenjak masa puber selalu saja mengalami masalah wajah seputar jerawat, sampai bolak balik ke dokter kulit sana sini. Sempat sembuh sih, eh tapi tetap saja kalau datang bulan atau perubahan hormon pasti saja balik lagi jerawatnya.

Terakhir 3 tahun lalu sebelum menikah, saya sempat cocok ke dokter kulit di klinik dekat rumah. Sampai perawatan sebelum menikah pun dengan dokter kulit tersebut. Tapi entah kenapa setelah hamil kulit muka malah berubah 180 derajat jadi kering dan kusam. Bahkan jerawat pun menjauh , cuma wajah tuh jadi kusam dan kering, pakai perawatan dokter yang dulu sebelum menikah juga sudah tidak cocok lagi. Nah semenjak itu saya jadi bertualang coba perawatan sana sini, sempat juga malah kena masalah pengelupasan kulit dan penipisan kulit, walau akhirnya sembuh juga dengan bantuan masker kefir , tapi untuk perawatan sehari – hari masih suka bingung mau pakai apa. 

Karena kalau saya cuci muka pakai facial wash, biar dikata itu facial wash mahal dan buat kulit kering, tetap saja kulit masih kering dan iritasi sekitar ujung alis dan cuping hidung. 

Sampai akhirnya tahun lalau saya ketemu dengan produk Rohto Hada Labo yang lumayan cocok, tidak ada reaksi aneh sih karena memang Hada Labo tidak mengandung parabem, oil, dan perfume, jadi cocok di kulit saya. 

Tapi setelah beberapa bulan saya liat perkembangannya memang sih jadi lembab, tapi nggak mencerahkan atau meratakan warna kulit, ya cuma cukup lah melembapkannya. Cuma pas bulan lalu , apa karena cuaca juga, kulit saya tuh jadi kering banget sampai mengelupas dan merah – merah.  Lalu saya mulai kelabakan googling sana sini tentag bagaimana merawat kulit kering. Saya juga sempat coba produk Jafra yang katanya buat hydrating , tapi tetap saja kering. 

Kemudian yang menarik perhatian saya , banyak blog serta beauty blogger yang mengatakan bahwa kalau kulit kering itu sudah tidak bisa pakai facial wash untuk pembersih, makanya akhirnya saya coba pakai produk milk cleanser untuk pembersih wajah. 

Saya mulai coba pakai yang lokal dan murah seperti LaTulipe dan Viva , eh lha kok malah jadi gatal, ada jerawat kecil – kecil dan memerah wajah saya, plus tetap kering. 

Sempat saya hopeless dan ngga pakai apa – apa selama beberapa hari cuma cuci muka pakai air saja dan ngga pakai make up, tapi kulit masih saja kering bahkan gatal. Lalu saya memutuskan kembali research sana sini sampai akhirnya ketemu dengan beberapa review produk Cetaphil untuk kulit kering dan memberanikan diri untuk membeli online untuk coba produknya. Saya membeli produk Cetaphil di instagram @Cetaphil_lil_sunshine . 

Produk yang saya coba adalah Cetaphil gentle cleanser untuk pembersihnya dan Cetaphil Moisturizer cream untuk pelembabnya. Kenapa saya pilih pembersih dan pelembabnya saja, karena saya pikir setidaknya dua produk itu yang paling penting untuk sehari – hari.

  
  

Dan ternyata pertama pakai pembersihnya tuh enak banget,  seperti tidak pakai sabun pembersih, cairannya kaya air agak kental dan sedikit berminyak , tidak berbau dan gampang diaplikasikan. 

tekstur cairan pembersih Cetaphill

Cara penggunaannya juga gampang , kalau pakai air pertama bisa digosok ke muka pelan- pelan lalu bilas pakai air,kalau tidak mau pakai air juga bisa, setelah digosok pelan – pelan ke wajah, langsung bersihkan dengan handuk. Ada petunjuk pemakaian di belakang botol kemasan. 

  

Setelah pemakaian selama seminggu, saya merasa wajah lebih bersih, jerawat kecil – kecil mulai kering, tapi kulit  sama sekali tidak kering dan tidak iritasi. Bahkan kering – kering dan merah – merah di alis dan cuping hidung juga menghilang, karena mungkin saya juga pakai pelembabnya rutin pagi dan malam sebelum tidur jadi benar – benar membantu melembabkan. 
   

tekstur pelembab Cetaphil moisturizer cream

 
Sampai sekarang saya sepertinya akan melanjutkan memakai produk ini, cuma memang pelembabnya hanya melembabkan saja , tidak ada efek mencerahkan atau meratakan warna kulit. Mungkin nanti saya perlu pakai scrub / krim malam yang setidaknya bisa membantu masalah meratakan warna kulit dan menyamarkan bekas jerawat. 

  
Setelah mengalami masalah kulit kering dan sensitif saya jadi belajar beberapa hal, dan bisa dijadikan tips untuk anda yang memiliki masalah yang sama. Berikut tips dari saya: 

  • Cari produk pembersih dan pelembab yang paraben serta perfume free (tidak berpatokan pada milk cleanser saja). 
  • Untuk sementara hindari pelembab yang memutihkan atau dengan spf , karena setelah saya coba malah tambah kering dan iritasi. 
  • Banyak konsumsi air putih, hindari kafein berlebihan. 

Produk Cetaphil bisa didapatkan selain di online shop juga di toko kesehatan seperti Guardian dan Century. Demikianlah review saya kali ini, semoga bisa membantu anda yang bermasalah sama dengan saya. 

 

16 respons untuk ‘Review Cetaphil : Solusi Kulit Kering Dan Sensitif 

  1. fanny fristhika nila berkata:

    waduuh susah juga ya kalo kulit amat sangat sensitif gitu mbak… aku dulu prnh juga ngerasain kulit bermasalah… jerawat lah yg paling mengganggu :D.. tapi kemudian ilang stlh pake sabun khusus rekomendasi temen gitu.. skr sih udh ga pake itu lagi, tapi syukurnya kulitku udh ga bermasalah kyk dulu.. Kalo memang udh cocok ama 1 produk, ya udhlah, ga ush ganti2 lagi mbak :).. akupun krn udh cocok ama yg skr, jarang utk coba2 ama yg lainnya :)..

    eh tapi mbak juga pake perawatan dr dlm? kayak vitamin wajah gitu?aku rutin pake soalnya.. anti aging sih, mengingat umur udh kepala 3 😀 ..Jadi sepertinya ga mempan juga kalo cuma krim2an pagi dan malam

    • Maya Melivyanti berkata:

      Hai..makasih sudah mampir dan komen ^_^ iya sama aku juga kepala tiga kok hehehee..kalau vitamin sih nggak ada yang khusu anti aging, paling vitamin C saja.. hmm mungkin perlu dicoba nanti cari vitamin juga..thanks ya ^_^

  2. Anne berkata:

    Mba boleh nanya ga? Kebetulan kondisi muka aku jg lg kering banget, gatal2 lalu jd kaya mengelupas mgkin krn trlalu kering kali ya (kasar kata kaya bersisik) yg aku mau tny mba gatal2 ga? Trus aku kan skrg lg pd obat dokter (blm lama sih paling skitar seminggu) nah memerah nya di bagian tulang pipi dan perih juga, mba ngalamin bgtu juga ga?

    • Maya Melivyanti berkata:

      Iya Mba dulu aku gatel banget itu apalagi kalo malem mau tidur, trus aku berhenti semua produk wajah yg aku pake, sempet coba macem2 soalnya waktu dulu, trus aku berhenti cuma pake cetaphil sangat membaik, ga lama kok itu keringnya ilang sama gatel2nya, sampe sekaramg masih pake cleanser sm pelembab cetaphil aja Mba perawatannya , semoga bisa membantu ya dan cpt pulih

    • Maya Melivyanti berkata:

      aku sih pernah flek hitam gitu cuma ga lebar, itu dulu pernah pakai kosmetik abal2 pemutih karena kemakan iklan isntagram sis 😅 trus setelah berhenti dan dulu pkai or*flame yg meratakan wajah, duh lupa nama seri nya.. lumayan jadi hilang, cuma sekarang pakai olay sih udh kenyal banget, mungkin karena pola makan juga jadi lebihs seger

  3. Aulia berkata:

    Cetaphil kan ada Paraben-nya juga mbak, creamnya juga baca deh ingredients nya, mendingan Sebamed deh lebih mahal dikit tapi bagus banget dan Free Paraben.

  4. Andy Suherry Rabiell berkata:

    Ka klau q kan coba pake cetaphil yang batal ,, udah seminggu pemakaian ko rasanya mukanya jadi kasar ya ,, krana gk ccok atau gimna ka

  5. kiki jarwanti berkata:

    mba, tadi kan katanya jgn pake pelembab yg mengandung spf ataupun pemutih takutnya makin kering kan, terus apakah mba kalo keluar ruangan bener-bener ga pake spf kaya sunscreen utk melindungi kulit dari sinar matahari ? terus kapan waktu yg tepat utk pake sunscreen kembali, apakah pas kulitnya udah balik ke normal ? makasiih 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s