Jalan Jalan Sambil Belajar Bersama Anak Ke Museum Geologi Bandung 

Sudah bertahun – tahun tinggal di Bandung tapi belum kesampaian mengunjungi Museum Geologi yang terletak di jalan Diponegoro. Pas banget awal bulan ini ada teman yang mudik dari Amerika dengan anaknya yang se-usia dengan mary, anak saya , ngajak berkunjung ke Museum Geologi , katanya anaknya mau lihat dinosaurus yang ada di museum itu, dan juga supaya anaknya ngga bosen juga main ke mall terus.

Jadilah kami pergi ke Museum Geologi dengan iming – iming ke anak, yuk lihat dinosaurus dari jarak dekat ( padahal cuma kerangkanya saja :D). Akhirnya Mary pun mau diajak kesana, walaupun di hari itu kami tidak sempat bertemu dengan sahabat saya tadi, karena dia terjebak macet di jalan dari Lembang jadi tidak sempat ke museum.

Sesampainya disana saya pikir karena weekdays pasti nggak ramai seperti weekend, karena setiap weekend kalau sedang lewat sna pasti saja banyak bus berjejer.  Namun ternyata perkiraan saya salah besar, di depan loket kami sudah ‘disambut’ puluhan siswa SMP entah darimana yang sedang foto – foto, belum lagi yang di dalam gedung, sudah terdengar suara riuh anak – anak SMP lainnya lagi. Tapi anehnya Mary tetap saja mau masuk dan excited menelusuri tempat baru, nggak salah deh kalau Mary suka saya sebut kaya dora the explorer, kalau ke tempat baru semua diselidiki dan dijelajah sampai lupa sama orang tua, main nyelonong masuk aja 😀


Jadilah kami membeli tiket masuk seharga Rp.3000 yang murahnya nggak ketulungan itu!   Benar – benar kaget saya ada jaman sekarang masuk museum hanya bayar semurah itu 😀


 Dan Mary pun tambah excited ketika di pintu masuk sudah terpampang kerangka gajah purba besar , dia loncat – loncat kegirangan walaupun kami harus berdesakan masuk ke dalam museum. Lalu kami masuk lagi ke arah sebelah kanan museum tempat kerangka dinosaurus terpampang nyata 😀 dan seperti biasa Mary ada saja tekad anehnya mau pegang dinosaurus lah, mau naik ke atas lah, yah namanya explorer!  Di ruangan sebelah kanan tempat display dinosaurus juga ada berbagai macam fosil batu – batuan  , kayu dan kerang. Jadi dia pun menelusuri tiap – tiap fosil kerang lucu sambil sesekali bilang wow..sea shell, so many!

  Anaknya memang senang mengamatu jadi satu – satu diliatin sambil balik lagi ke tempat dinosaurus.

Lalu setelah puas main di daerah sayap kanan museum, kami menuju ke sayap kiri museum letak bebatuan dan tata luar angkasa. Mary tambah girang lagi waktu lihat bola dunia raksasa di ruang sayap kiri museum itu, ya sambil pegang – pegang dan mencoba memutarnya 😀

Di ruang sayap kiri museum itu ada satu display layar lebar untuk memutar klip video sejarah terbentuknya bumi, dan kita bisa tekan tombol on untuk memutar videonya. Karena Mary anaknya juga suka segala hal yang visual dan bisa belajar lewat visual , jadi dia pun senang melihat planet – planet walaupun belum mengerti detil . Dan karena datangnya terlalu sore, maka kami  tidak bisa terlalu lama di ruangan itu, bahkan belum sempat menjelajah ke lantai atas, karena jam 4 sudah mau tutup, ya mau nggak mau harus pulang, tanpa disangka – sangka malah Mary maksa masih mau lihat lahi video planet – planet tadi dan nggak mau pulang !

Alhasil besoknya kami ke Museum Geologi lagi demi memuaskan keinginan Mary yang mau lihat dinosaurus lagi 😀

Dan tanpa disangka justru kami bisa bertemu dengan sahabat saya dan anaknya walaupun kita nggak janjian , wah tambah senang Mary ada teman main dan heboh bareng !



Setelah puas main di area lantai 1 , kami pun naik ke lantai 2, ternyata ada dua ruangan juga bertema air dan satu lagi berhubungan dengan sumber daya mineral. Untuk anak – anak balita mungkin belum terlalu mengerti tentang pertambangan dan cuaca seperti terjadinya hujan,dll. Namun mereka senang saja melihat – lihat dan saya juga sedikit – sedikit memberi penjelasan.

Cuma mungkin karena di lantai 2 juga penuh dengan siswa – siswi SD , jadi agak kurang nyaman berlama – lama disana. Jadilah akhirnya penjelajahan di Museum Geologi berakhir (itu juga Mary masih belum mau pulang 😀 ) dan kami memutuskan untuk pulang mampir ke Cisangkuy dulu demi mengenang tempat minum yogurt kekinian di jaman SMP , ketahuan banget ya umurnya 😀

Overall kami sangat senang pergi ke Museum Geologi Bandung , bisa main sambil belajar juga disana , cukup bersih dan nyaman untuk balita. Cuma seandainya bisa mungkin bisa diatur pembagian waktu atau hari berkunjung untuk umum dan rombongan , jadi nggak terlalu sempit dan penuh, karena kalau sudah penuh jadi panas dan tidak leluasa buat anak – anak balita  menjelajah.
Museum Geologi Bandung

Jl. Diponegoro No 57

Harga tiket : Rp.3000 ( balita / belum sekolah gratis)

jam operasional :

Senin – Jumat : Pk 09.00 – 16.00

Sabtu hanya sampai Pk. 14.00

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s