Tips Kirim Cerpen Ke Majalah

 

Karena ada teman di twitter yang melemparkan pertanyaan tentang bagaimana menulis cerpen ke media massa, saya jadi tertarik untuk membagikan apa yang pernah saya dapatkan dari sebuah kelas penulisan cerpen, dari ‘curhat’ seorang pemimpin redaksi majalah wanita muda terkenal, juga ditambah dari pengalaman pribadi. Berikut ini apa yg sudah saya tulis di twitter dan saya rangkum mengenai tips kirim cerpen ke majalah.

1. Menurut seorang pemimpin redaksi majalah wanita, tiap hari redaksi bisa menerima ratusan naskah cerpen, dan hal pertama yg dilihat adalah judulnya.

2. Kalau dari judulnya sudah dianggap tidak menarik oleh redaksi, maka akan langsung di delete tanpa dibaca lagi isi naskahnya.

3. Setelah dilihat judulnya menarik, baru akan dibaca oleh redaksi. Dan yang menentukan bahwa naskah itu bagus atau tidak, bisa dilihat dari paragraf pertama saja. Kalau sudah dirasa tidak menarik, ya tidak akan dibaca sampai habis, alhasil itu naskah akan di delete juga.

4. The key is in the first paragraph, it has to be ‘wow’ / kuncinya ada di paragraf pertama, harus bisa membuat kagum redaksi.

5. Naskah yang kita kirim tidak langsung dibalas dan diberi tahu masuk atau tidak. Kadang bisa dari sebulan sampai tiga bulan bari dikasi kabar, dan ada juga lho yang tidak pernah dibalas, ya artinya tidak diterima.

6. Kalau misal cerpen kita diterima, pasti dikasi kabar oleh redaksi lewat email atau telpon bahwa cerpen kita masuk dan mereka akan memastikan terlebih dahulu apakah cerpen itu belum pernah diterbitkan di media manapun. Karena ada kasus juga dimana penulis mengirimkan satu cerpen ke dua media sekaligus, ternyata di satu media sudah diterbitkan tapi belum dikasi kabar, dan di media yang satu lagi mau diterbitkan juga, ini akan menimbulkan masalah, karena setiap media pasti inginnya naskah itu belum pernah diterbitkan sebelumnya.

7. Maka itu untuk meminimalisasi kemungkinan naskah kita jadi ‘rebutan’ , lebih baik kita mengirimkan satu naskah ke satu media saja dan menunggu selama 3 bulan sampai ada kabar jelas diterima atau tidak naskah kita. Baru setelah itu kita bisa kirim ke media yang lain.

8. Dan setelah cerpen kita diterima, biasanya akan langsung di transfer honornya ke rekening kita yang sudah kita lampirkan bersama naskah kita. Maka itu jangan lupa untuk mencantumkan keterangan/data lengkap pribadi kita, seperti nama, nmr. telpon, rekening.

9. Untuk media majalah remaja, yang menurut saya dan beberapa teman yang paling sulit seleksinya adalah majalah GADIS. Karena penggunaan kalimat baku sangat diperhatikan, juga tema dari cerita.

10. Untuk majalah wanita muda, majalah CHIC adalah salah satu majalah yang bagus – bagus cerpennya, juga cukup selektif. Sedangkan untuk majalah wanita dewasa, majalah FEMINA menurut saya masih di ranking pertama yang menjadi acuan sebagai media yang menerbitkan cerpen – cerpen bagus dan bermutu. Maka itu persaingannya juga tinggi dan selektif.

Profesi penulis cerpen/cerpenis masih menjadi salah satu profesi yang banyak diminati sekarang ini, intinya jangan berhenti menulis dan mengirimkannya, sekalipun sering ditolak :p , suatu saat kita akan diterima dengan terus mengirimkan dan belajar dari banyak membaca cerpen – cerpen juga. Ohya jangan lupa dalam setiap email yang kita kirimkan buat surat pengantar juga ya dengan kata – kata yang bagus memperkenalkan diri kita dulu dan setidaknya sedikit cerita dari naskah cerpen yang kita ajukan. Berikut contoh surat yang pernah saya buat :
Dear Redaksi Femina,
Nama saya Maya Melivyanti dari Bandung. Saya adalah seorang ibu muda yang menantikan kehadiran bayi saya, juga pengusaha kecil-kecilan dari rumah, memang suka menulis semenjak saya muda. Tulisan saya sudah pernah dimuat berbagai kumpulan cerita, yang paling terakhir adalah di buku The Coffeshop Chronicles, terbitan ByPass, juga sudah masuk di Femina edisi 38 tahun lalu.
Melalui surat ini saya ingin mengajukan tulisan cerpen saya yang berjudul ‘Soraya’. Kisahnya mengenai : (ceritakan sedikit inti cerita).
Besar harapan saya agar tulisan ini bisa diterima, terima kasih atas perhatiannya, berikut saya cantumkan juga keterangan data pribadi.
Nama: Maya Melivyanti
Tmpt/tgl lahir:
Alamat:
Nmr. Hp:
Nmr. Rek:
Salam,
Maya Melivyanti
——————————————————————————————-
Dan berikut ini beberapa redaksi yang sudah pernah saya kirimkan naskah saya, memang banyak sih majalah – majalah yang lain tapi saya fokus untuk kirim ke redaksi – redaksi berikut ini.

Majalah Chic

-Format halaman A4, Times New Roman 12, spasi 1, pjg 7-8 hlmn

-e-mail : Chic@gramedia-majalah.com

Majalah Go Girl!

-Untuk kirim cerpen dengan syarat-syarat:
Font size 8, spasi single, maksimal 2 halaman Letter.
-e-mail: ika@gogirlmagazine.com

Majalah GADIS

-Syarat naskah cerpen:Cerpen remaja, 6-7 halaman folio, ketik 2 spasi. Percikan (Cerpen Mini), cerpen remaja, maks. 2 hal polio dan ketik 2 spasi.

-Info Terbaru! Kirim via e-mail dengan subjek CERPEN ke: Redaksi.GADIS@feminagroup.com

Majalah STORY

-Syarat naskah cerpen: Cerpen remaja romance/sci-fi/horor/humor, 10.000-14.000 karakter+spasi, ketik 2 spasi, kertasfolio. Lampirkan fotomu yang paling keren.

-Kirim via e-mail dengan subjek CERPEN ROMANCE/HOROR/HUMOR/SCI-FI tergantung jenis cerita ke: story_magazine@yahoo.com

Majalah Femina

-Format Letter, Times New Roman 12, spasi 2, panjang hal 7-8 hlmn

-e-mail: kontak@femina.co.id

 

Update alamat redaksi Koran, Tabloid dan majalah terbaru, saya ambil dari beberapa sumber ei internet:

1. Republika

sekretariat@republika.co.id, aliredov@yahoo.com

Tidak ada pemberitahuan dari redaksi terkait pemuatan cerpen. Sudah lama tidak memuat puisi. Honor cerpen Rp. 400.000,- (potong pajak), tetapi—pengalaman beberapa rekan penulis, harus sabar menagih ke redaksi beberapa kali agar segera cair.

2. Kompas

opini@kompas.co.id, opini@kompas.com

Ada konfirmasi pemuatan cerpen/puisi dari redaksi via email. Honor cerpen Rp. 1.o00.000,- (tanpa potong pajak), honor puisi Rp. 500.000,- (tanpa potong pajak–referensi Esha Tegar Putra), seminggu setelah pemuatan, honor sudah ditransfer ke rekening penulis.

3. Koran Tempo

ktminggu@tempo.co.id

Biasanya Nirwan Dewanto—penjaga gawang rubrik Cerpen Koran Tempo, meng-sms penulis terkait pemuatan cepen/puisi jika penulis mencantumkan nomer hp di email pengiriman. Honor cerpen tergantung panjang pendek cerita, biasanya Rp. 700.000,- honor puisi Rp. 600.000,- (pernah Rp. 250.000,- s/d Rp. 700.000, referensi Esha Tegar Putra), ditransfer seminggu setelah pemuatan.

4. Jawa Pos

sastra@jawapos.co.id

Jawa Pos menerima karya-karya pembaca berupa cerpen dan puisi atau sajak. Cerpen bertema bebas dengan gaya penceritaan bebas pula. Panjang cerpen adalah sekitar 10 ribu karakter. Honor cerpen Rp. 1.o00.000,- (potong pajak), honor puisi Rp. 500.000,- (referensi Isbedy Stiawan Zs), ditransfer seminggu setelah cerpen/puisi dimuat.

5. Suara Merdeka

swarasastra@gmail.com

Kirimkan cerpen, puisi, esai sastra, biodata, dan foto close up Anda. Cerpen maksimal 9.000 karakter termasuk spasi. Honor cerpen Rp. 350.000,- (potong pajak), honor puisi Rp. 190.000,- (tanpa potong pajak), hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, jangan lupa tanggal pemuatan cerpen. Bisa diambil langsung ke kantor redaksi atau kantor perwakilan redaksi di kota Anda—jika ada.

6. Suara Pembaruan

koransp@suarapembaruan.com

Honor cerpen Rp. 400.000,- (potong pajak), hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

7. Suara Karya

redaksi@suarakarya-online.com, amiherman@yahoo.com, redaksisk@yahoo.com

Honor cerpen Rp. 150.000,- (tanpa potong pajak), hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

8. Jurnal Nasional

tamba@jurnas.com, witalestari@jurnas.com

Honor cerpen Rp. 400.000,- (potong pajak), hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

9. Seputar Indonesia

redaksi@seputar-indonesia.com, donatus@seputar-indonesia.com

Tidak setiap hari Minggu memuat cerpen. Honor cerpen Rp. 400.000,- (potong pajak), honor puisi Rp. 190.000,- (tanpa potong pajak), hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

10. Pikiran Rakyat

khazanah@pikiran-rakyat.com, ahda05@yahoo.com

Cerpen tayang per dua mingguan. Honor cerpen Rp. 350.000,- (tanpa potong pajak), hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

11. Tribun Jabar

cerpen@tribunjabar.co.id, hermawan_aksan@yahoo.com

Selain ada cerpen berbahasa Indonesia setiap Minggu, juga ada cerpen bahasa Sunda setiap hari Kamis bersambung Jumat. Honor cerpen Rp. 200.000,- (tanpa potong pajak), hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

12. Kedaulatan Rakyat

redaksi@kr.co.id, jayadikastari@yahoo.com

Honor cerpen Rp. 400.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

13. Joglo Semar (Yogyakarta)

harianjoglosemar@gmail.com

Honor cerpen Rp. 150.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

14. Minggu Pagi (Yogyakarta)

we_rock_we_rock@yahoo.co.id

Terbit seminggu sekali setiap Jumat. Honor cerpen Rp. 150.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi

15. Surabaya Post

redaksi@surabayapost.info, surabaya_news@yahoo.com, zahira@yahoo.com

Honor cerpen Rp. 150.000,- (potong pajak) hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

16. Radar Surabaya

radarsurabaya@yahoo.com, diptareza@yahoo.co.id

Honor cerpen Rp. 200.000,- (potong pajak) hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

17. Lampung Post

lampostminggu@yahoo.com

Honor cerpen Rp. 200.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, bisa diambil langsung ke kantor redaksi atau minta tolong teman yang ada di Lampung untuk mengambilkan ke kantor redaksi.

18. Berita Pagi (Palembang)

huberitapagi@yahoo.com

Honor cerpen Rp. 100.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, jangan lupa tanggal pemuatan cerpen, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

19. Sumatera Ekspres (Palembang)

citrabudaya_sumeks@yahoo.com

Honor cerpen Rp. 100.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, jangan lupa tanggal pemuatan cerpen, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

20. Padang Ekspres

yusrizal_kw@yahoo.com, cerpen_puisi@yahoo.com

Honor cerpen Rp. 100.000,- s/d Rp. 125.000,- honor puisi Rp. 75.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, jangan lupa tanggal pemuatan cerpen, bisa diambil langsung, atau minta tolong teman mengambilkan honor ke kantor redaksi.

21. Haluan (Padang)

nasrulazwar@yahoo.com

Honor cerpen Rp. 150.000,- honor puisi Rp. 100.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, jangan lupa tanggal pemuatan cerpen, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

22. Singgalang (Padang)

hariansinggalang@yahoo.co.id, a2rizal@yahoo.co.id

Honor cerpen Rp. 50.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

23. Riau Pos

budaya_ripos@yahoo.com, habeka33@yahoo.com

Honor cerpen Rp. 150.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

24. Sumut Pos

redaksi@hariansumutpos.com

Honor cerpen Rp. 100.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

25. Jurnal Medan

nasibts@yahoo.com

Honor cerpen Rp. 100.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

26. Analisa (Medan)

rajabatak@yahoo.com

Honor cerpen Rp. 100.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

27. Sinar Harapan

redaksi@sinarharapan.co.id, blackpoems@yahoo.com

Honor cerpen Rp. 100.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

28. Jurnal Cerpen Indonesia

jurnalcerpen@yahoo.com, jurnalcerita@yahoo.com

Honor cerpen Rp. 250.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

29. Majalah Horison

horisoncerpen@gmail.com, horisonpuisi@gmail.com

Honor cerpen Rp. 350.000,- honor puisi tergantung berapa jumlah puisi yang dimuat, biasanya dikirimi majalahnya sebagai bukti terbit. Hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi, dan kadang honor dikirim via wesel jika tidak ada nomer rekening.

30. Majalah Esquire

cerpen@esquire.co.id

Honor cerpen Rp. 1.000.000,- (potong pajak), hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

31. Majalah Sabili

elkasabili@yahoo.co.id

Honor cerpen Rp. 200.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

32. Majalah Suara Muhammadiyah

redaksism@gmail.com

Honor cerpen Rp. 150.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

33. Majalah Ummi

kru_ummi@yahoo.com

Tema cerpen seputar keluarga dan rumah tangga. Honor cerpen Rp. 250.000,- ditransfer paling telat satu bulan setelah pemuatan.

34. Majalah Kartini

redaksi_kartini@yahoo.com

Honor cerpen Rp. 400.000,- Sebulan setelah pemuatan honor ditransfer ke rekening penulis.

35. Majalah Alia

majalah_alia@yahoo.com

Honor cerpen Rp. 300.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

36. Majalah Femina

kontak@femina-online.com, kontak@femina.co.id

Honor cerpen Rp. 850.000,- dan cair seminggu setelah dimuat.

37. Majalah Sekar

sekar@gramedia-majalah.com, majalahsekar@gmail.com

Honor cerpen Rp. 400.000,- dibayar sebulan setelah majalah terbit.

38. Majalah Story

story_magazine@yahoo.com

Tema cerpen khas ala remaja/teenlit. Konfirmasi pemuatan cerpen via telepon dari redaksi Story. Antrian pemuatan panjang, bisa 6 bulan sampai setahun. Honor cerpen Rp. 250.000,- maksimal sebulan setelah pemuatan honor sudah ditransfer ke rekening penulis.

39. Majalah Gadis

redaksi.gadis@feminagroup.com

Tema cerpen khas ala remaja/teenlit. Honor untuk Percikan (cerpen mini tiga halaman) Rp. 500.000,- Honor untuk Cerpen Rp. 850.000,- ditransfer seminggu setelah majalah terbit.

40. Majalah Annida-online

majalah_annida@yahoo.com

Ada konfirmasi pemuatan cerpen via email redaksi Annida-online. Honor cerpen Rp. 50.000,- honor epik (cerita kepahlawanan) Rp. 100.00,- maksimal sebulan setelah pemuatan honor sudah ditransfer.

41. Majalah Bobo

Syarat teknis penulisan:
1.Font: Arial , ukuran 12, jarak baris spasi 1,5. 600-700 kata untuk cerita 2 halaman, 250-300 kata untuk cerita 1 halaman.

di bawah naskah cerita tersebut, cantumkan:
a. nama lengkap
B. alamat rumah
C. nomor telepon rumah/kantor/handphone
D. nomor rekening beserta nama bank, dan nama lengkap pemegang rekening bank tersebut (seperti yang tertera di buku bank) untuk pembayaran honor pemuatan.

lampirkan biodata singkat yang berisi poin nomor 5, tmpt tanggal lahir, riwayat pendidikan, dan pekerjaan.

naskah beserta biodata bisa dikirimkan via pos ke alamat:
Redaksi Majalah Bobo
Gedung Kompas Gramedia Majalah Lantai 4
Jalan Panjang No, 8A, Kebon Jeruk, Jakarta 11530

atau ke : bobonet@gramedia-majalah.com

Honor cerpen Rp. 250.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

42. Kompas khusus Cerpen Anak

opini@kompas.co.id, opini@kompas.com / Redaksi Kompas Anak, Jl. Palmerah Selatan No. 26-28, Jakarta 10270.

Pada subjek email ditulis CERPEN ANAK: JUDUL CERPEN. Panjang karangan 3-4 halaman, diketik dua spasi. Honor cerpen Rp. 300.000,- Resensi buku anak honor Rp. 250.000,- Honor cair tiga hari setelah pemuatan.

43. Tabloid Nova

nova@gramedia-majalah.com

Honor cerpen Rp. 400.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

195 respons untuk ‘Tips Kirim Cerpen Ke Majalah

    • Maya Melivyanti berkata:

      Coba dikirim lagi rekeningnya dgn email, atau tunggu konfirmasi dari pihak majalahnya, klo diterima pasti dihubungi.. 🙂

  1. Snowy Baramji berkata:

    Trimakasih infonya, tapi redaksi ini menerima naskah dari anak umur 13 tahunan gak ya? Soalnya saya masih 13 tahun, terimakasih sebelumnya.

    • Maya Melivyanti berkata:

      Tentu..tidak ada batas umur untuk mejadi penulis lho.. 🙂 tapi sebaiknya menulis untuk pembaca yang seumur kamu..karena pasti lebih ‘nyambung’ kali ya..kecuali memang tulisanmu lebih dewasa dari umurnya..hehe , yang penting kirimkan saja karyanya, ya!

    • Maya Melivyanti berkata:

      iya sama – sama..nah kita sebagai penulis mesti tahu dan pernah baca majalah dimana kita mau serahin tulisan kita..makanya butuh penelitian, nongkrong di tukang majalah deh..baca2 majalah2 yg mau kita target gitu..misalnya majalah GADIS, ya pasti maunya tema anak muda, remaja, bisa percintaan, persahabatan, kalau tema sih umum, masalahnya dari ide itu kita bisa tulis dari sudut pandang yang beda – beda..ok..semoga membantu , kalau mau tanya2 lebih banyak add yahoo messenger aku ya..

  2. eirene berkata:

    disabtu sore yang mendung? (kayanya, soalnya dari pagi belum keluar kamar), aku menemukan web mu dear maya. Suprise, suprise….
    Dari dua majalah yang dirimu sebutkah di post, baru 2 yang berhasil kutembus.

    Bener, majalah gadis emang susah, setelah sekian judul, akhirnya tembus juga karya dengan gaya bahasa yang kaku yang tidak akan pernah remaja Indonesia gunakan lagi. Tapi FYI, cepet, cm butuh 3 bulan. Sedangkan story butuh 1 tahun sampai cerpen akhirnya dimuat. pengen banget bisa nembus femina tapi belum nemu mantranya.
    Btw…nice to meet u again here 🙂

    • Maya Melivyanti berkata:

      Iya..memang begitu biasanya, karena selain lebih rapi juga nggak bingung bacanya kan, lebih profesional juga.. 🙂

  3. Resky Octavia berkata:

    Kak mau tanya dong :-).
    Kalo seumpama kita ngirim cerpen keredaksi tapi kita nggak punya no rekening gimana yaa ??

  4. rama epe berkata:

    Kak kalo kata pengantar nya itu gimana? kalau bisa dikasih contoh nya ya 🙂
    Trus kata pengantarnya itu jadi 1 dengan cerpen apa tidak?
    Terima kasih

      • Indiana Shinta Dewi berkata:

        Assalamualaikum kak Maya, saya Indiana . baru kali ini saya melihat keramahan penulis seperti kakak yang selalu welcome untuk menjawab semua pertanyaan. kak saya juga ingin menulis cerpen dan bisa menembus majalah majalh itu, mohon bimbingannya 🙂 terima kasih

      • Maya Melivyanti berkata:

        Kirim karyanya kemana? Ada beberapa yg memang ga pernah bales juga emailku, kaya majalah story dan chic contohnya, tapi kalau gadis, kartika, femina pasti balas. Meman tergantung moodnya redaksinya, yg jelas kalau ngga dimuat dan ngga ada uang masuk ke rekening ya berarti ditolak gitu, hehe..kalau masuk biasanya dihubungi, kalau ditolak belum tentu dihubungi, atau malah ngga dihubungi sama sekali. Boleh aja aku kirimin ke emailnya, intinya sih perkenalkan diri dengan baik, dan tuliskan inti cerita dari cerpenmu itu..biasanya aku begitu.

      • Maya Melivyanti berkata:

        iya bisa aku kirim..btw kamu kirim ke majalah apa? dipelajari dulu ya tulisan cerpen di sana, trus disesuaikan..jgn kirim ke majalah yg kamu belum pernah baca majalah itu hehe 🙂 semangat!

    • Maya Melivyanti berkata:

      iya boleh aja..tpi perlu diinget surat pengantar beda2..ada yg minta data2 kamu ditulis di badan email dan ada yang minta data2mu ditulis di file cerpenmu..di bagian akhirnya biasanya..jdi saran aku beli dulu ya majalahnya trus lihat kualifikasinya apa aja yang paling terbaru, oke

    • Maya Melivyanti berkata:

      Maksudnya gimana ya? Isinya sama tapi judulnya beda? Ya jangan..mending nunggu sampe 3 bulan trus baru dikirim ke majalah lain, kesatu majalah dulu aja..soalnya kalo dua2nya diterima kan sulit nanti 

  5. Vina E. Silviana berkata:

    mba, aku ga pernah baca majalah yang ingin sekali ku kirimi cerpen.. tapi aku suka cari beritanya di internet.. kira2 jadi penghambat ga ya?

    • Maya Melivyanti berkata:

      Iya..bangettt..itu kaya perang tapi ga tau medan perang yg dihadapi kaya gimana..jangan kira yg masuk ke redaksi setiap hari itu sedikit, yg masuk itu banyak, bisa puluhan tiap harinya, cerpen kamu bisa jdi cuma dibaca dari judul, kalo ga disuka ya ga dibaca, kta harus tahu pembaca majalah yg kita tuju dari kalangan mana dan darijenjang sosial apa, itu cara tahunya dari sering baca majalah itu..

  6. Dara Daroen berkata:

    Aku lg googling bagaimana cara mengirim cerpen ke redaksi majalah, eh trus ketemu blog mbak ini ^^ Hebat mbak. Ini membantu sekali. Terimakasih banyak yaa udah share yang seperti ini! Aku pengen ngirim naskahku ke majalah hehe.
    Sekali lg terimakasih mbak 🙂

      • Indiana Shinta Dewi berkata:

        kak ini alamat email saya dewi.indiana@yahoo.com, kakak tolong kirimn kata pengantar juga ya kak, awalnya saya cuma nulis tulisan di facebook tapi saya ingin cerpen dan tulisan2 saya dimuat, mohon bantuannya kak terima kasih. 😀

      • Maya Melivyanti berkata:

        Halo Indiana, itu surat pengantarnya sudah ada di dalam tulisan saya..coba diperhatikan di atas ya..

      • Indiana Shinta Dewi berkata:

        kak, terima kasih konfirman facebooknya, kak apa saya boleh mengirimkan cerpen cerpen saya ke kakak, saya butuh kritikan kak, sebelum saya pos ke majalah karena kakak kan mempunyai segudang pengalaman dan sudah jago menulis. bagi pemula seperti saya sangat butuh kritikan dari kakak 🙂

      • Indiana Shinta Dewi berkata:

        Kak maaf mau tanya aku ngirim lewat email ga ada yang masuk ya kak? kalo dari fb kan udah jelas masuk. kalo email ga ada sama sekali kak?

  7. hikmah pratiwi berkata:

    mbak, kalo mau kirim karya apa harus menyertakan print out nya? saya apa bisa juga tolong dikirimi contoh surat pengantarnya, makasih sebelumnya mbak

  8. mejiemagic berkata:

    wah, seneng juga nemu blog ini. hehehe. aku emang lagi ada niatan kirim cerpen ke beberapa redaksi majalh remaja. tapi agak bingung dengan format pengirimannya, ternyata pakai attach, so skrg udh clear, thanks yaaa postingannya, :)))

  9. Heni berkata:

    Teriamkasih yah kk atas info di atas cukup memberikan sebuah gambaran ……

    hEe…. kk boleh di kasih ga gambaran surat pengantarnya …. karena ini yang pertama jadi bingung, duuuh kok jd cerewet xiixixi
    thanks kk
    ini email saya heni.cutez31@gmail.com

    \(^o^)/

    Salam kenal kk
    H.P

  10. Leni C berkata:

    Hy..slam kenal.ak leni mau nanya,kalo ngrim crpen,kita harus melampirkan nama,alamat sbb,g lupa pula rekening ny harus dong,itu kalo rex punya ayah/ibu bisa g ya? Mksi

  11. Nadya berkata:

    Salam kenal, Mbak. Blognya sangat membantu 🙂
    saya mau nanya, kalau untuk ngirim ke majalah Gogirl! itu, maksud dari “maksimal 2 halaman letter” apa ya?
    Terimakasih 🙂

  12. Jacilia berkata:

    pagi kak Maya 🙂 wah seneng nemu blog ini, jadi nambah pengetahuan :3 kak, kakak ngirim cerpen trus kalo dtrima slalu dpet honor? prnah ngirim ke story trs dtrima ga kak?

  13. keke berkata:

    hai maya.
    infonya membantu banget.
    cerpen saya pernah diterbitkan di story. long2 time ago. pas baru awal2 banget itu majalah terbit.
    habis vakum nulis, mau nulis lagi. tp merasa oon. hahaha
    kata pengantar itu wajib apa nggak ya?
    ak mau juga dong di share,,
    emailku : de_meysya@yahoo.com

    big thanks dan sukses buat Maya

    • Maya Melivyanti berkata:

      Iya sama2 Keke..kata pengantar kaya perkenalan aja sih intinya memperkenalkan diri dan menceritakan inti cerita cerpen kita..

  14. anaya berkata:

    Wah seneng bgt ktmu blog ini.infonya bner bner berguna buat aq yang lagi ngebet bgt kirim cerpen ke majalah.soalnya dah dari dulu suka nulis tp gak tahu cara ngirimnya.sekalian bisa tolong kirim contoh surat pengantar ke aq??email:kimmenot@hotmail.com
    Thanks a lot ya maya….

  15. mia sinthia berkata:

    hai kak, aku boleh tanya sedikit yaa 🙂 aku ada aniat mau kirim karanganku ke redaksi GADIS , dan aku nemu blog ini.. aku mau tanya, kalau ukuran kertas di microsoft world, folio sama legal sama nggak? thanks a lot before kak

    • Maya Melivyanti berkata:

      Kalau humor kan masih tema umum, hampir semua majalah bisa terima cerpen humor, coba di story dulu, itu khusus cerpen, dan baca edisinya minimal lima edisi kamu pernah baca, jadi tau tiap majalah itu cerpennya model gimana, di kompas pernah baca cerpen judulnya badut, itu humor tapi sinis, ada unsur menyindir keadaan sosial, intinya jangan humor yang bikin ketawa doang, tapi ada “isinya” , tujuannya apa , konfliknya apa, surat pengantar bisa dilihat di tulisan saya berikut : https://mayamelivyanti.com/inspirasi/cerpen/tips-menulis-dan-mengirim-cerpen/

  16. dewi berkata:

    pagi mba..aku mau tanya dong..kalo mo kirim cerpen itu harus berapa kata?aku juga bingung,soalnya tema aku kan cerita cinta gitu dan kata katanya banyak campuran inggris gitu,hehe..terus gimana ya?aku juga kurang ngerti kalo buat spasi itu mesti 2kali klik atau gimana?(jarak untuk buat lagi)?di tunggu replynya ya mba..terima kasih banyak

    • Maya Melivyanti berkata:

      tergantung majalahnya, bisa dicek itu kan sudah saya posting berapa halaman per majalah, jangan campuran, pakai kata – kaya baku jangan gw, loe, apalagi kalo kamu mau masuk majalah Gadis, itu langsung ditolak, buat spasi ya di setting di paragraph jangan di spasi2 sendiri..

  17. Nadya berkata:

    Surat pengantarnya itu apa perlu dikirim dalam bentuk attach file juga? Atau langsung ditulis di emailnya? Terimakasih mbak 🙂

  18. mia sinthia berkata:

    mbak, yang benar itu untuk halaman percikan majalah GADIS maksimal dua halaman atau tiga halaman? di atas ada dua-duanya jadi saya bingung hehehe

  19. Indah berkata:

    Aku lagi nyari inspirasi buat nulis cerpen ke Femina, tiba2 ‘nyasar’ ke blog ini. tapi akunya seneng bisa kesasar disni, hehe.
    mba, aku jg mau dunk dikirimin kata pengantar yang baik, yang umumnya dipakai di majalah atau koran. Nih, emailku
    indahpratiwi.m@gmail.com

    Terima kasih 🙂

    • Maya Melivyanti berkata:

      Bisa aja kok..kan menulis itu ngga dilihat dari umur, menulislah untuk ber ekspresi, untuk melatih diri, yg penting belajar terus..justru dilatih dari muda..kalo masalah rekening kan bisa pakai punya ortu atau saudara..

    • Maya Melivyanti berkata:

      Iya masih kok..tapi pastikan lahi dgn beli majalah yg mau kamu kirimin ya..setidaknya beli lima edisi majalah tersebut..

  20. Septasari Handayani berkata:

    hay mba maya, saya septa. mahasiswi uns. saat saya lihat blog mba maya tentang tips kirim cerpen itu, saya jadi berminat untuk kirim cerpen. sudah tiga cerpen saya kirim, tetapi belum mendapatkan balasan dari redaksi Kawanku& Gogirl. saya mengirim surat pengantar bentuk attact file, apa kira2 menjadi masalah ya? mohon informasinya, trimakasih banyak.

  21. Chyntia Novy Girsang berkata:

    Makasih udah berbagi Mbak. Infonya bermanfaat sekali, terutama buat saya yang pengen mencoba mengirim cerpen ke majalah. Sebelumnya boleh nanya Mbak, utk pengiriman cerpennya sendiri, apa kita bisa langsung mengirim saja ke email yang Mbak cantumkan di atas? Thanks sebelumnya 🙂

  22. naninuneneu berkata:

    makasih info nya, sist… sangat membantu! ^^ tapi, misal kita mengirimkan cerpen ke berbagai media. kira-kira, kita bakal dikasih tau nggak kalau karya kita sudah dimuat? ga mungkin kita tiap bulan beli semua majalahnya dan mengecek satu-satu … .__.

  23. arin berkata:

    good information.
    aku hobby nulis sejak SD tapi sudah lama aku tinggalkan mbak. sekarang sudah lulus kuliah aku coba nulis lagi dan menyelesaikan tulisanku. boleh aku punya kontak personnya mbak Maya?

  24. Riskiyatul berkata:

    Haìi mb. . .salam kenal. . .aduh knp ga dari dlu ya aku kenal mbk. . .skrg dah agk macet ni mw nulis lg. . .hiks. .tp “untung ada mb maya”. .jd smgat lg ni.
    Mb mb dlu aku pernah krm karya ku ke mjalh gaul. ..tp ampe skrg g da kbr.mgkn ceritanya ga asyik ya mb. .Judulny wkt it ni “ada cinta di pensi”. .
    Oia mb kita kn kirim dlm bentuk kertas trus kalo di delete brti cerpen ny dibkar ato dhancurkan ato gmana. ?
    Mksh mb sblm nya. . .

  25. milahayati berkata:

    MBAK saya mau naya ni,klo cerpen ma drama kn gk jauh beda tu,sbebrya ANATOMI DRAMA tu apa?trus apa apa ja?alna cri di geogle jg gk jls jwaban ya.tlong jwb ya mbak ke email aku ja.
    alna tu pentng bnget mbak&mksi sblum ya.

    • Maya Melivyanti berkata:

      Wah jelas beda ya naskah cerpen sama drama, cerpen bercerita dengan narasi, kalau drama itu kan langsung, banyak kalimat langsung, ada setting latar, geraknya, gaya bicaranya, coba carinya naskah drama, banyak kok

  26. Siti Roisatus S berkata:

    Kak Maya, postingannya bermanfaat banget (y)

    Oh, ya mau nanya ‘accent’ itu di gimana’in ya? Kok aku liat di komentar kalo d accent dlu baru dikirim. Dan, ketentuan penulisan data diri itu info’nya di dapet dari mana?

    Surat pengantar itu sama kayak Data diri kan? Hehe! Aku’nya kebanyakan tanya nih..

  27. Satria Sandal Sa-altu berkata:

    kak saya mau tanya …
    jika seumpama untuk pembelajaran awalan seperti saya….
    bisa kasi tau caranya gak klo mau ngirim cerpen/puisi itu harus memenuhi persyaratan apa saja…??
    trs dalam bahasa penulisan itu harus dgn benar gk kak…??

    terimakasih ya kak….
    ouh ya no kakak tdi aku catet mungkin lebih jelas lgi klo bertanya lewat ponsel…!!gpp kan kak…??
    salam kenal ya kak…
    namaku adi..!

    • Maya Melivyanti berkata:

      Sebenarnya semua orang bisa kirim kok gada persyaratan khusus gimana,paling Persyaratannya sesuai di majalah/media yg mau kamu kirim,makanya beli dulu majalah/media itu,atau setidaknya kamu baca media/majalah itu seseringnya,supaya tahu karena persyaratan beda2 kan..seperti yg saya tulis di atas,ada kertasnya a4, folio, ukuran huruf dll..

      Hubungi sy lewat email saja juga bisa,pulsa nggak selalu ada,tpi klo internet sy jalan terus

    • Maya Melivyanti berkata:

      Oiya mengenai bahasa penulisan ya bahasa yang baik dan benar,tanpa singkatan,tanpa bahasa ‘alay’,makanya sering sering membaca karya cerpen di majalah/media target kamu yang mau kamu kirim

  28. Ovindra El Rachmalisa berkata:

    Mbak Maya terima kasih ya sudah share blog yang sangat membantu sekali pemula seperti saya hehe 🙂 oiya mbak, salam kenal mbak nama saya Ovindra. Sebenarnya saya sudah mengirim cerpen saya ke majalah gadis. Tetapi entah kenapa ada jawaban gini mbak:
    I’m sorry to have to inform you that your message could not
    be delivered to one or more recipients. It’s attached below.

    For further assistance, please send mail to

    If you do so, please include this problem report. You can
    delete your own text from the attached returned message.

    Itu kenapa ya mbak? Oiya saya juga sudah mengirimnya ke email Mbak Maya. Saya bingung mbak kenapa email saya nggak ada yang sampai ke Gadis. Terima kasih ya mbak buat ilmunya, berguna banget buat pemula seperti saya 🙂

  29. Mia berkata:

    Makasih banget postingannya Mbak Maya…. Saya pernah nulis cerpen dan sekarang baru mau mulai lagi nulis.. Mau tanya dikit nih, kalo kirim cerpen ke Nova, syaratnya masih sama kayak di atas???

  30. nadia az zahra berkata:

    seneng banget bisa nemu blog ini 😀 . Saya nadia mba, mau coba-coba kirim cerpen ke majalah . Nah mau nanya mba, biasanya kalo kita pengen tau cerpen kita dimuat atau engga nya di majalah itu gimana ya ?

  31. afifah berkata:

    waw! Nice artikel!
    Hihii, mbak aku mau nanya nih 🙂 aku baca artikelx mbak maya, kok gada yah syarat tuk ngirim puisi ke majalah or koran? Yg ad cuman honorx. Boleh d kzh tahu nggk?

    Ohyaa, mbak maya, minta id YM nya dong 😀

    • Maya Melivyanti berkata:

      Saya ngga pernah kirim puisi, coba lihat2 majalah horison sama majalah story ya..ada kok syaratnya di sana..biar update gitu, sy punya mjlhny cuma yg tahun lalu, siapa tau berubah, sy jarang ym an..ke fb aja

  32. Buna berkata:

    Wah, terimakasih banget ya Kak infonya, sangat berguna. Ngomong-ngomong, Kakak punya info tentang mengirim cerpen ke majalah yang berbahasa Inggris nggak ya? Seperti majalah HighEnd, HighEnd Teen dan lain-lain.. Kalau punya, tolong bantu share ya Kak, terimakasih 🙂

  33. fauzi arifah berkata:

    makasih mbak atas tulisannya…semangat nulis saya jadi balik lagi 😀
    saya juga sering kirim cerpen buat redaksi tapi belum ada yang diterima. semoga setelah baca tulisan ini lebih besar peluang untuk diterima 🙂

  34. sheila berkata:

    mbak saya pengen nanya, kalau untuk judul cerpen itu ditulis di naskahnya atau di judul saat e-mail dikirim? terima kasih mbak sebelumnya atas informasinya 🙂

  35. ika mahdalena berkata:

    sangat bermanfaat, terimakasih sudah mau berbagi.
    mbak, kalau jenis cerpen kisah kehidupan itu lebih cocok di kirim ke media yang mana ya ?

  36. Luna berkata:

    Haaai kak , terimakasih yak !!!
    aku seneng banget , kenalin aku luna.
    biasanya puisi atau cerpen yang kita kirim tanggapan dari redaksinya kapan ya , apakah sehari , seminggu , sebulan.?
    makasih, hehehe

  37. Mikyou berkata:

    Kak kalo ngirim beberapa cerpen ke satu redaksi boleh nggak? Atau ngirim ke beberapa redaksi tapi cerita beda bisa nggak? Satu lagi, hehe syarat ngirim ke kompas gimana kak, tema nya tentang apa? Atau bebas kah? Maaf kalo pertanyaannya muter” 😀

    • Maya Melivyanti berkata:

      Bisa aja beberapa cerpen..syarat kirim ke cerpen kompas ada di blog ku ini cari aja .. Syaratnya formatnya aja sih paling..

  38. ulfah berkata:

    kak,,, itu cara ngirimnya gimna kak??
    oia boleh knal ma kkak lwat via facebook gk?? biar bsa tanyak2 lbh bnyak agy ,, heheheh
    add ulfah y kak,,
    Ulfah apoyders sianiparparawali medan
    twitter: @ulfah_parawaliM
    TERIMA KASIH SEBELUMNYA KAK,, 🙂

  39. rani berkata:

    kak .. terimakasih.. infonya membantu..
    nah kak,,
    kalau kirim puisi atau cerpen ke koran sama dengan ke majalah gak yah??

  40. Risha Amalia berkata:

    Salam kenal, aku suka info Mbak Maya, lengkap banget. Aku pernah ikut lomba cerpen, alhamdulillah menang. Lg pengen kirim karya ke redaksi2,,pas cari2 info ketemu deh info ini. Mbak Maya mau juga dong dikirimin contoh kata pengantarnya, ini emailku rishamalia@gmail.com. Terima kasih Mbak Maya. 🙂

  41. Khiky Dyah berkata:

    Saya suka sekali membaca dan menulis….. Tapi kadang berhenti saat dapat 10 halaman….. kalau syarat penulisan untuk dikirim ke redaksi koran gimana ya teh??

      • yana yasipa berkata:

        assalamualaikum .. kak bisaa tidak ngirim naskah ke majalah story atau majalah yang kakak cantumkan itu ngirimnya cara print out/cd. soalnya. saya tidak bisa ngirim lewat e-mail. yah ,.. saya bisa dibilang gaptek lah kak . saya harap kakak dapat memaklumi saya.

  42. 99eighttwo berkata:

    Salam kenal, mbk Maya ^^ Saya suka postingan punya mbak.nya.. hehe..
    Saya mau tanya! saya umurnya 14 tahun, dan punya cerpen tapi kisahnya percintaan. Kira-kira bisa bisa nggak ya dikirim? Dan majalah apa yang cocok? Terus kalau nggak punya rekening bagaimana??
    Sekian mbak borongan pertanyaan dari saya, hehehe. Terima kasih infonya! Tetap semangat menulis ya mbak!!!!! Mohon dibalas .. ^^

    • Maya Melivyanti berkata:

      Salam kenal juga, makasih ya sudah mampir..pede aja lagi kirim ke aneka/gadis, saran aku beli dulu aja majalahnya jadi bisa diteropong tipe2 mereka kaya gimana ya, nggak punya rekning bisa titip ke saudara/orang tua atau org yg bisa dipercaya yang punya rekening aja ya..

  43. putri berkata:

    salam kenal mbk maya…
    mau nanya ni, dulu saya pernah kirim cerpen ke salah satu majalah di atas, trus ga ada blsan atau apapun. kira2 boleh ga saya kirim lg ke majalah lain?
    thx infonya ya mbk…

  44. dede berkata:

    ihh jadi pengen lanjutin hobi nulis kalo tau caranya biar tembus ke majalah kaya gini. makasih ya kak.. bermanfaat banget …

  45. Diyanti berkata:

    Hai kak maya 🙂
    aku mau tanya kalau mau ngirim puisi/cerpen lewat email itu harus dilampirkan atau tidakya?
    Mksh atas jwbnya…

  46. nurfitri berkata:

    mba, kalo misalkan kirim cerpen, data diri dan sebagainya disatu file kan dengan naskah atau bagaimna? terimakasih

    • Maya Melivyanti berkata:

      Iya betul.,tpi secepatnya kalau ada berita sudah dimut langsung hubungi pihak lain yg sdh kita kirimy supaya dibatalkan naskahnya

  47. Sekar Sudibyo palupi berkata:

    hai, kak !
    aku mau tanya, itu majalah yang masih aktif mnerima cerpen apa aja ya ? mhon bantuannya, kak makasih..

  48. Vincensia Sermina T berkata:

    Maaf Mbak.. mau tanya nih 🙂 masih belum paham, itu tunggunya sampai berapa bulan mbak? Masuk atau tidaknya yg kita kirim mbak, terus mbak pas dikirim di kontekknya berapa lama mbak ?

  49. ayuni berkata:

    kak mau tanya, kalo ngirim cerpen sebagai pemula atau pertama kalinya itu sama aja ya tips nya? kayak diatas. terima kasih. harap dibalas.

    • Maya Melivyanti berkata:

      Iya sama saja kok, usahakan beli majalahnya atau baca yang terbitan terkini dulu ya sebelum kirim naskahnya, semoga sukses

    • Maya Melivyanti berkata:

      Wah, aku belum pernah dapat jawaban seperti itu..coba aja ditunggu Mba.. siapa tau masuk 🙂 tapi nanti setelah 6 bulan ditanya saja lagi apakah dimuat atau tidak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s