Is it a sin if i’m not going to church?

Now that’s a question i often ask myself when i was a teenager.

Ada satu rasa kewajiban untuk ke Gereja setiap minggu.

Sampai akhirnya saya berhenti di satu pencerahan bahwa, masalahnya bukan pada dosa atau tidak, tapi masalahnya ada pada gairah.

Jadi begini, anggap saja hubungan kita dengan Tuhan seperti dengan kekasih (dan memang seharusnya begitu).  Pasti setiap kali kita pengen ketemu, pengen datang ke rumahnya, betul?

Tapi masalahnya dengan Tuhan, apakah kita beda rumah ngga sama Dia? Kalau kita masih merasa bahwa Tuhan punya rumah sendiri yang adalah Gereja dan kita merasa wajib menghadap padaNya ke rumahNya yang adalah di Gereja itu, ya sah – sah saja kalau kita masih merasa wajib ke Gereja.

But the thing is..He already invite us to be ONE.  Dia sudah mengundang kita untuk menjadi satu dan dengan demikian Dia sudah masuk ke dalam hati kita, kehidupan kita, rumah kita, kamar kita, even every breath that we take.  Jadi nggak ada masalah tentang apa pun bentuk rumahNya, karena sebenarnya Dia sudah ada dalam diri kita, kalau kita memang sudah menganggapNya demikian dalam kehidupan sehari-hari.

Nah, jadi apakah kita harus ke Gereja? Jawabannya, kalau kita memang cinta sama Tuhan yang sudah ada dalam diri kita, dan kita mau menunjukkan betapa kita mengasihi Dia, dengan cara ber-ibadah padaNya, well..let’s go to Church! Let’s bring our passion, let’s show how good He is, let’s give him our tights, our offerings.  So, church is not about obligation, is about love, and finding a community, give your commitment, and show your mercy to the ones who need the most, it’s about your passion for Jesus.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s